Lima Syarat Menang Lomba Blog

Alhinduan.Com- Setelah saya memosting artikel ini di Facebook, ada yang bertanya, Syarat Menang Lomba Blog apa aja, Kak? Jawaban singkatnya tentu saja ini: kamu wajib punya blog. Simpel, tha? Lha, jelas. Kalau nggak punya blog, gimana mau menang? Nah, itu jawaban singkat. Sekarang jawaban agak teknisnya begini. Simak, ya


foto hanya sekadar ilustrasi

.

Lima Syarat Menang Lomba Blog Versi Saya

Pertama, jelas, harus punya blog. Kamu bisa bikin gratis di blogspot (yang otomatis tersambung ke gmail) atau di wordpress. Saya sendiri punya blog di blogspot. Rata-rata media online biasanya bikin blog lewat wordpress.com. kalau di blogspot kita tidak perlu membeli hosting lagi seperti di wordpress, cukup nama domain saja yang bisa diperpanjang setiap tahun.

Kedua, setelah punya blog gratisan, meskipun belum punya nama domain berbayar, usahakan rutin mengisi blog kamu. Bisa setiap hari, atau setiap minggu. Misal, setiap Sabtu-Minggu minimal 4-6 artikel sekali posting. Lakukan itu selama tiga bulan. Kenapa? Biasanya, beberapa lomba blog mensyaratkan harus punya nama domain berbayar (dot com, dot id, dsb) dan blog yang sudah terisi artikel serta usia blog minimal tiga bulan baru boleh ikut lomba. Terutama lomba bergengsi yang hadiahnya puluhan juta rupiah. Nah, boleh siap-siap nih mulai dari sekarang ya, rajin-rajin mengisi blognya biar nggak kosong.

Ketiga, foto harus asli alias dipotret sendiri. Kalau pun terpaksa menggunakan foto dari internet, wajib ditulis sumber aslinya. Jangan coba-coba nyolong foto orang terus kita akui kalau itu foto kita. Siap-siap aja kena diskualifikasi dari panitia/juri.

Keempat, penuhi semua syarat yang diminta panitia. Biasanya, panitia meminta kita untuk mem-follow semua akun media sosial mereka, lalu membagikan tulisan kita di blog ke semua akun medsos kita dengan men-tag akun panitia. Turuti aja kalau pengin menang.

Kelima, ini tambahan dari saya. Biasanya,saya lihat-lihat dulu lombanya. Kalau sekiranya sulit seperti lomba ini, kira-kira pesertanya tidak lebih dari 20 orang atau 20 artikel, dan tebakan saya betul. Terbukti hanya 17 artikel yang masuk ke panitia. Tapi, kita juga harus bisa menakar kemampuan kita. Jangan mentang-mentang baru punya blog, semua lomba dihajar. Yah, boleh aja sih kalo niatnya buat belajar dan menambah pengalaman.

Tapi kalau saya pribadi, saya akan lihat dan pilih-pilih lomba apa yang sekiranya saya berpeluang mendapat minimal JUARA HARAPAN 3 atau JUARA HIBURAN atau apalah namanya. Intinya menang. Kalau untuk meraih Harapan 3 rasanya sudah sulit karena terlalu banyak saingan dan kita tidak menguasai bidang itu (misal: lomba SEO) saya pasti tidak ikut. Buat apa? Cuma buang waktu saja dan nggak bakal menang.

Setiap ikut lomba, saya selalu serius, fokus dan all out. Saya juga dengan penuh percaya diri, selalu menargetkan mendapat Juara I, meskipun jatoh-jatohnya cuma mendapat Juara Harapan 3 misalnya. Nggak papa, tapi mental kita harus mental Juara. Bayangkan kalau belum apa-apa kita sudah pasrah dan melakukan self-talk ke diri sendiri, yah syukur-syukur aku dapat Harapan 3. Wah, jangan-jangan malah nggak dapat apa-apa nanti.

Nah, itu tadi Lima Syarat Menang Lomba Blog Versi Saya. Silahkan kalau mau diikuti, nggak juga nggak papa. Jika ada masukan dari teman-teman, silahkan menambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

DISCLAIMER

jika mengikuti saran saya terus nggak menang, jangan salahin saya ya hehe

 

No comments

Powered by Blogger.