3 Artikel Konten Evergreen

Alhinduan.Com – pengertian konten atau artikel  evergreen adalah artikel yang sifatnya  timeless, tidak memiliki batas waktu dan bisa berguna dalam jangka panjang.  Konten evergreen bertolak belakang dengan konten viral yang sangat dibatasi waktu.

Contoh konten evergreen misalnya  artikel tentang bisnis, tutorial atau tips apa saja, resep masakan,  pengetahuan umum, dan sebagainya. Konten evergreen adalah artikel yang dapat bertahan lama dan akan terus dicari orang di google.




Apa saja 3 Artikel yang Tidak Termasuk Konten Evergreen ?

1.                 Konten Viral

Sesuai namanya, konten viral hanya heboh dalam satu hari itu saja, besoknya sudah berkurang bahkan tidak jadi trending lagi. Contoh artikel berdasarkan Google Trend Indonesia yang pernah saya buat adalah mengenai Libur Isra Mi’raj 2021.

 

1.  Artikel berita/ peristiwa

Artikel berupa berita atau peristiwa  sama seperti di surat kabar. Hanya berlaku hari itu saja, besoknya sudah ‘basi’.

 

Contoh seperti "Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku Pembunuhan Berantai di Bandung”,  Besok bisa jadi judul berita akan  berganti menjadi, misalnya "Rekonstruksi Pembunuhan Berantai di Bandung Ricuh" dan seterusnya.

 

2.                 Konten tentang selebriti atau infotainment.

Misalnya, "Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Berlangsung Meriah" jelas bukan konten evergreen.

 

Bagaimana kalau diganti dengan "Busana Adat Jawa Dominasi Pernikahan Aurel dan Atta" apakah menjadi sebuah konten evergreen?

 

Ternyata tidak. Karena menikahnya cuma hari itu saja. Setahun lagi orang sudah tidak berniat mencari berita itu di google.

 

3.                 Konten tentang trend apa pun.

Terutama fashion trends. Karena fashion itu perubahannya sangat cepat. Ingatlah selalu bahwa trend itu seperti galau, pasti segera berlalu. Makanya, jangan galau #eh.

 

Lalu apa saja sih yang termasuk konten abadi alias evergreen itu?

 

1.  Resep makanan

Percaya tidak, resep makanan dalam bentuk buku maupun konten blog selalu dicari orang setiap saat sampai kapan pun.

 

Konten resep makanan juga timeless alias tidak dibatasi waktu. Biasanya yang dicari orang justru resep yang sangat umum seperti cara membuat ayam geprek, resep bolu pandan dan sejenisnya.

 

2.  Konten How-To

Konten mengenai tutorial atau tips apa pun selalu timeless dan dicari banyak orang, khususnya para pemula.

 

Mulai tutorial hijab, cara  makan di restoran VVIP yang penuh aturan khusus, cara menghemat listrik, tips aman menyusui bayi hingga cara  mendapatkan pacar brondong dalam 30 hari. Just try! 

 

Salah satu contoh artikel evergreen yang pernah saya tulis adalah tentang tips menang lomba blog.

 

3.  Topik yang Bersifat Umum

Untuk membuat sebuah konten evergreen, konten harus bersifat umum.

 

Contoh: Bagaimana Cara Memulai bisnis tanpa modal,  Mengenal  Jenis-Jenis Investasi Bodong, 10 pebisnis sukses di Indonesia, 7 hasil analisis data pengguna internet di Indonesia, dan sebagainya.

 

Selain itu topik lain yang dapat dijadikan artikel evergreen  misalnya tentang parenting motivasi, public speaking yang mana konten seperti ini dapat berguna sepanjang waktu dan banyak dicari orang.

 

Mereka tentunya ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik bagi diri sendiri, lingkungan, maupun keluarga.

 

 

 Diolah dari berbagai sumber

No comments

Powered by Blogger.