3 Artikel Konten Evergreen
Alhinduan.Com – pengertian konten atau artikel evergreen adalah artikel yang sifatnya timeless, tidak memiliki batas waktu dan bisa berguna dalam jangka panjang. Konten evergreen bertolak belakang dengan konten viral yang sangat dibatasi waktu.
Contoh konten evergreen
misalnya artikel tentang bisnis, tutorial
atau tips apa saja, resep masakan,
pengetahuan umum, dan sebagainya. Konten evergreen adalah artikel yang
dapat bertahan lama dan akan terus dicari orang di google.
Apa saja 3 Artikel yang Tidak
Termasuk Konten Evergreen ?
1.
Konten
Viral
Sesuai namanya, konten
viral hanya heboh dalam satu hari itu saja, besoknya sudah berkurang bahkan
tidak jadi trending lagi. Contoh artikel berdasarkan Google Trend Indonesia
yang pernah saya buat adalah mengenai Libur
Isra Mi’raj 2021.
1. Artikel
berita/ peristiwa
Artikel berupa berita
atau peristiwa sama seperti di surat
kabar. Hanya berlaku hari itu saja, besoknya sudah ‘basi’.
Contoh seperti
"Polisi Periksa Kejiwaan Pelaku Pembunuhan Berantai di Bandung”, Besok bisa jadi judul berita akan berganti menjadi, misalnya "Rekonstruksi
Pembunuhan Berantai di Bandung Ricuh" dan seterusnya.
2.
Konten
tentang selebriti atau infotainment.
Misalnya,
"Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Berlangsung Meriah"
jelas bukan konten evergreen.
Bagaimana kalau diganti
dengan "Busana Adat Jawa Dominasi Pernikahan Aurel dan Atta" apakah
menjadi sebuah konten evergreen?
Ternyata tidak. Karena
menikahnya cuma hari itu saja. Setahun lagi orang sudah tidak berniat mencari
berita itu di google.
3.
Konten
tentang trend apa pun.
Terutama fashion
trends. Karena fashion itu perubahannya sangat cepat. Ingatlah selalu bahwa
trend itu seperti galau, pasti segera berlalu. Makanya, jangan galau #eh.
Lalu apa saja sih yang termasuk konten abadi alias
evergreen itu?
1. Resep
makanan
Percaya tidak, resep
makanan dalam bentuk buku maupun konten blog selalu dicari orang setiap saat
sampai kapan pun.
Konten resep makanan
juga timeless alias tidak dibatasi waktu. Biasanya yang dicari orang justru
resep yang sangat umum seperti cara membuat ayam geprek, resep bolu pandan dan
sejenisnya.
2. Konten
How-To
Konten mengenai
tutorial atau tips apa pun selalu timeless dan dicari banyak orang, khususnya
para pemula.
Mulai tutorial hijab,
cara makan di restoran VVIP yang penuh
aturan khusus, cara menghemat listrik, tips aman menyusui bayi hingga cara mendapatkan pacar brondong dalam 30 hari.
Just try!
Salah satu contoh
artikel evergreen yang pernah saya tulis adalah tentang tips menang lomba blog.
3. Topik
yang Bersifat Umum
Untuk membuat sebuah
konten evergreen, konten harus bersifat umum.
Contoh: Bagaimana Cara
Memulai bisnis tanpa modal,
Mengenal Jenis-Jenis Investasi
Bodong, 10 pebisnis sukses di Indonesia, 7 hasil analisis data pengguna
internet di Indonesia, dan sebagainya.
Selain itu topik lain
yang dapat dijadikan artikel evergreen
misalnya tentang parenting motivasi, public speaking yang mana konten
seperti ini dapat berguna sepanjang waktu dan banyak dicari orang.
Mereka tentunya ingin
menjadi lebih baik dari sebelumnya, baik bagi diri sendiri, lingkungan, maupun
keluarga.
Diolah dari berbagai sumber
No comments