Festival Kampong Sungai Kapuas

Alhinduan.Com- Persatuan Orang Melayu (POM) Kalbar mengadakan seminar bertajuk "Peradaban Tepian Sungai Kapuas" Bertempat di lantai II Hotel G jalan Jenderal Urip, Pontianak, Sabtu, (28/11/2020).

 


Seminar dilakukan dalam rangka Festival Kampong Sungai Kapuas 2020. Agus Setiadi selaku Ketua Umum POM Kalbar berharap, kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahun. Selain seminar, POM Kalbar juga mengadakan berbagai lomba seperti lomba foto, lomba pantun, lomba mural,  lomba vokal senandung Melayu dan lomba melipat tanjak.

 


Hadir sebagai pembicara utama Sejarawan Kalbar Bapak Syafaruddin Usman, MHD, serta dari POM Bapak Abu Nahlah dan Ermiati. Hadir sebagai undangan resmi, Ketua pokdarwis Kampung Tambelan, Vivi Alhinduan, yang juga seorang penulis sekaligus blogger.

 


Emi membahas tentang peranan generasi muda Melayu dalam melestarikan budaya Melayu. Dia mencontohkan salah satu kampung tua di pesisir sungai Kapuas yakni kampung tambelan, di Kelurahan Tambelan Sampit,Pontianak Timur, yang masih memiliki rumah tua usia 200 tahun dan melestarikan seni tundang serta seni ukir Puadai khas Melayu yang sudah langka saat ini.

 


'Saya berharap, generasi muda Melayu dapat melestarikan budaya Melayu dengan menulis di blog atau membuat vlog dan youtube tentang budaya Melayu," harap Ermi.

 


Acara berakhir dengan sesi foto bersama dan penyerahan cinderamata dari POM Kalbar untuk ketiga narasumber.

No comments

Powered by Blogger.