Apa Itu Generasi Yanks?


Alhinduan.com- Apa Itu Generasi Yanks? Dalan istilah marketing masa kini, yanks merujuk pada segmen tertentu. Yanks jika dipanjangkan adalah young adult no kids. Artinya,  segmen orang dewasa berusia muda dan belum berkeluarga. Generasi yanks berusia antara 18 sampai 35 tahun. Mulai dari mahasiswa sampai pekerja profesional. Kalau mau lebih disederhanakan tidak sampai 35, tapi usia 29 tahun saja batasan atasnya. Istilah lain adalah emerging adulthood.



Ciri lain adalah perkembangan otaknya sudah hampir sempurna bahkan terbilang sempurna. Secara kognitif juga sudah mulai bisa berpikir berat sampai abstrak serta logis untuk menyelesaikan masalah. Tugas berat Generasi Yank,  di usia tersebut mereka harus mulai bertahan hidup. Mereka adalah pencari sesuatu yang bisa digunakan untuk hidup. Tapi, di satu sisi, mereka belum bisa dikatakan benar-benar dewasa alias nanggung, karena PR dari masa remaja ada yang belum selesai. Masa remaja itu kan adalah pencarian jati diri. Banyak pertanyaan di benaknya. Ketika masuk usia yanks tidak semua terjawab. Yang tidak terjawab inilah yang membuat generasi yanks dikatakan tanggung. Tidak semua yanks memang, tapi sebagian pasti ada.


Nah, jika ada pertanyaan belum terjawab itu sebenarnya menghambat laju di usia yanks. Apalagi dengan generasi sekarang ada media sosial untuk merepresentasikan diri mereka kepada publik. Banyak sebenarnya intepretasi di dunia nyata dengan dunia maya berbeda. Artinya, generasi yanks tersebut masih punya pertanyaan terbenam dibenaknya. Kasus berat yang harus dihadapi generasi yank lainnya adalah bahwa tekanan di lingkungannya semakin besar. Contohnya adalah pertanyaan kapan menikah mulai sering terdengar. 


Bagi para first jobber, sudah punya gaji tapi sebenarnya belum cukup. Kadang, uang bensin masih minta dengan ortu. Kesimpulannya yanks itu generasi muda yang belum sepenuhnya mature, tapi harus mulai mencari jalan agar bertahan hidup. So, kapan nikah?

No comments

Powered by Blogger.