Muhayati, Perempuan Pejuang Lingkungan dari Pontianak


Alhinduan.Com-Di Edisi April ini, tim kami menghadirkan beberapa perempuan inspiratif Kalbar di berbagai bidang untuk kolom Woman. Kali ini ada Ibu Muhayati yang akrab disapa Kak Mor, pendiri Bank Sampah Rumput Hias yang beralamat di  Jalan Petani Gang Berkat Usaha Kelurahan Sungai Jawi Kecamatan Pontianak Kota.



Bank Sampah Rumput Hias berdiri pada 29 Maret 2018 lalu,dan kini total anggota 98 orang. Pengurusnya perempuan semua , sedang nasabah / anggota dan lelaki dan perempuan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Produk yang dihasilkan berupa produk kerajinan daur ulang seperti bunga dari kresek, tas dari koran, sabun dari minyak jelantah, hingga pupuk kompos dan pupuk organik cair.

Saat ditanya suka duka selama mengelola bank sampah, dan apa pernah dihina tetangga karena profesinya saat ini, ibu lima anak ini menjawab santai, “Menghina sih ndak, cuma kadang ade yang ngeledek. Rumah jadi kotor, jadi pemulung lah,” katanya polos.




Reaksinya?
“Disenyumin jak, santai. Selama yang saya lakukan adalah baik dan bermanfaat,” ujarnya sambil tersenyum.

Sulitnya mengedukasi masyarakat untuk merubah mindset mereka bahwa sampah adalah tanggung jawab seluruh elemen masyarat menjadi tantangan terberat yang harus dihadapi Mor.

Kak Mor mengaku profesinya saat ini sangat didukung suami dan anak-anaknya. Dia berharap ingin menjadikan kampungnya sebagai kampung edukasi sampah. Dia juga berharap bisa memiliki gudang bank sampah

“Pemerintah sejauh ini sudah sangat mendukung.”




Berbagai pelatihan dan prestasi sudah diraih Muhayati lewat Bank Sampah Rumput Hias yang dia dirikan, seperti pelatihan wirausaha, pelatihan pengembangan kapasitas leader, dan pelatihan kerajinan daur ulang. Sedang prestasi yang diraih antara lain pada  tahun 2018 Bank Sampah Rumput Hias mengikuti lomba pemeringkatan bank sampah se-Kota Pontianak dan meraih Juara Harapan 1 dari  Pemerintah Kota Pontianak. Tahun 2019 mendapat penghargaan bank sampah dengan kreatifitas terbaik dari Pemerintah Kota Pontianak.

Wah, Selamat ya buat Muhayati, Perempuan Pejuang Lingkungan Kota Pontianak.



No comments

Powered by Blogger.